Eat Game Sleep Repeat

Beberapa Genre dalam Kompetisi Esports

tempo.co

eSportsative.com – Sebuah turnamen biasanya melombakan cabang olahraga tertentu, seperti sepakbola, angkat besi, senam, renang dan lain sebagainya. Tapi di era modern seperti sekarang terdapat cabang olahraga yang semakin populer, yaitu Esports atau electronic sports. Cabang olahraga ini dikenal dengan menggunakan peralatan elektronik, seperti Komputer (PC), HP, atau konsol.

Jadi Esports adalah salah satu jenis olahraga yang menggunakan peralatan elektronik. Sampai sekarang ini sudah ada banyak titel dan genre game yang dilombakan hampir di seluruh dunia dengan format sebuah turnamen dengan skala kecil hingga kejuaraan dunia.

Kalau Anda masih awam dan baru mendengar istilah ini, kenali setiap genre hingga variasi game yang sekarang tengah ramai dimainkan para professional gamer.

Genre Esports Terpopuler

indoesports.com
  1. Moba

Genre pertama adalah MOBA atau Multiplayer Online Battle Area yang merupakan salah satu genre terpopuler. Inti dari game MOBA ini mengadu dua tim untuk menghancurkan objek seperti tower milik lawan agar bisa memenangkan pertandingan.

Hingga sekarang sudah ada banyak jenis MOBA yang bisa dimainkan. Namun, kebanyakan gamer lebih memilih game MOBA dengan format 5v5, yang berarti dalam satu tim terdapat 5 pemain dengan peran masing-masing, dan harus menghadapi 5 pemain dari tim lawan.

Dalam game MOBA terdapat banyak peran atau role yang bisa dipilih, seperti tank, support, offlane, carry dengan banyak pilihan hero. Agar sebuah tim bisa seimbang dan optimal dalam mengalahkan lawan, pemilihan peran harus tepat.

Pada awalnya, MOBA hanya dimainkan di PC dengan permainan yang kompleks. Namun, sekarang MOBA sudah banyak ditemukan di perangkat genggam atau HP. Bahkan sudah ada turnamen sendiri dengan skala dunia.

Contoh game dengan genre MOBA adalah, DOTA 2, League of Legends, Mobile Legends, Arena of Valor, dan masih banyak lagi.

fpshub.com
  1. FPS / TPS

FPS atau First Person Shooter merupakan salah satu genre Esports yang juga populer. Seperti genre MOBA, genre kali ini juga mengadu dua tim yang biasanya terdiri dari 5 orang. Bedanya, FPS ini terdapat pilihan senjata yang bisa digunakan,

Game FPS juga menawarkan mode dengan objektif yang bervariasi, seperti salah satu tim harus mencari dan menjinakkan bom yang diaktifkan oleh lawan. Ada juga mode dengan objektif menghabisi semua lawan dalam beberapa ronde.

Bedanya FPS dan TPS (Third Person Shooter) adalah posisi kamera saat bermain. Posisi kamera FPS adalah orang pertama dengan hanya senjata dan tangan yang terlihat. Sedangkan posisi kamera TPS berada di belakang karakter yang dimainkan.

Genre satu ini sangat menuntut kecepatan dan reflek, dan dikombinasikan dengan pengambilan keputusan secara cepat dan tepat. Sedangkan contoh game yang populer adalah Call of Duty, Counter Strike, Point Blank, dan Valorant.

kincir.com
  1. Battle Royale

Battle Royale adalah salah satu genre yang terbilang baru dan unik. Game ini tidak hanya melawan 5 pemain lawan, tapi bisa mencapai 100 pemain sekaligus. Genre satu ini memadukan tegangnya nuansa FPS dengan area battle royale yang sangat luas.

Anda bisa memilih mode bermain sendiri atau solo, berdua dengan teman Anda, atau tim yang berisi 4 orang dan harus melawan puluhan tim lawan. Sedangkan tujuan dari game Battle Royale adalah menjadi yang terakhir berdiri dan bertahan hidup. Meski begitu, dalam sistem turnamen juga terdapat poin kill yang harus diperhitungkan. Jadi tidak hanya bertahan hidup sampai akhir saja.

Esports Indonesia pun sekarang sudah memiliki tim sendiri untuk genre satu ini. Contoh game dengan genre Battle Royale yang sekarang populer adalah PUBG, Free Fire, Fortnite, Apex Legends.

  1. Sports dan Racing

Sesuai dengan namanya, genre kali ini memiliki tema olahraga seperti sepakbola, basket, hingga balap motor yang dijadikan kompetisi Esports. Bahkan genre ini juga memiliki sistem seperti halnya olahraga yang ada di dunia nyata, yaitu sistem perekrutan agar bisa mewakili organisasi olahraga yang ada.

Terdapat beberapa format pertandingan yang ada dalam sports dan racing, yaitu turnamen 1v1, 2v2, hingga 3v3.

Dalam cabang olahraga seperti marathon sepeda atau balap mobil biasanya menggunakan alat yang berupa mesin simulasi sehingga bisa merasakan sensasi yang sama seperti di dunia nyata.

Contoh game yang dipertandingkan ada PES, FIFA, MotoGP, F1 dan banyak lagi.

  1. Auto Battler

Pada awalnya game seperti ini hanya untuk dimainkan secara santai atau casual. Namun, antusias para gamer sangat tinggi sehingga membuat genre satu ini masuk dalam kompetisi elektronik. Meski memiliki ketergantungan gacha atau keberuntungan yang tinggi, faktor strategi juga membuat auto battler sangat layak dibuatkan kompetisi skill, khususnya kemampuan berpikir dan menentukan strategi.

Game ini seperti catur elektronik yang nantinya bergerak sendiri. Anda hanya perlu meletakkan bidak pada posisi yang tepat. Tiap bidak memiliki kemampuan masing-masing dan antara satu sama lain bisa bersinergi dan memberikan efek kekuatan yang unik.

Contoh game dengan genre auto battler adalah Chess Rush, Magic Chess, Dota Underlords.

  1. CCG

CCG atau Collectible Card Games menjadi salah satu genre Esports yang memiliki komunitas cukup lama dan kuat. Hampir seperti auto battler, setiap pemain memiliki deck dengan kartu yang memiliki beragam kemampuan spesial.

Genre ini juga sangat menuntut kemampuan berpikir hingga membaca strategi lawan. Setiap ronde yang dimenangkan bisa memberikan damage pada lawan hingga batas kekuatannya habis.

Game dengan genre ini adalah Legends of Runeterra, Magic: The Gathering Arena, Gwent: The Witcher Card Games.

  1. RTS

Real Time Strategy merupakan genre yang sudah cukup lama dan masih diminati. Dalam game ini, Anda diharuskan membangun sebuah struktur kekuatan dalam mempertahankan koloni dan untuk menginvasi lawan.

Aspek strategi hingga kejelian menjadi faktor penting karena terdapat banyak unit di dalamnya. Anda diibaratkan jadi sebuah jendral pertempuran dan memberikan perintah pada banyak divisi agar bisa memenangkan perang.

Contoh gameRTS adalah Warcraft, Starcraft, Command & Conquer.

  1. Fighting

Tidak lengkap jika membahas kompetisi elektronik tanpa genre fighting. Seperti namanya, genre ini mengadu dua pemain dalam kompetisi untuk mencari pemenang di akhir turnamen.

Terdapat banyak titel game yang seru, dan para pemain harus tahu mekanik dari setiap karakter yang dipilih beserta kombinasi serangan yang efektif mengalahkan musuh.

Game yang terkenal seperti Tekken, Mortal Kombat, dan lainnya menjadi game yang sering dijadikan ajang turnamen tingkat dunia.

  1. Lainnya

Masih ada genre lain yang juga dijadikan kompetisi, seperti belum lama ini terdapat pertandingan untuk menyelesaikan masalah dalam Microsoft Excel. Ada juga genre simulasi seperti bertani dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai genre yang ada dalam Esports. Jika Anda tertarik, pilih salah satu genre dan asah kemampuan Anda agar bisa menjadi salah satu atlet kompetisi elektronik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.