Eat Game Sleep Repeat

Alasan Game Roblox Disukai Oleh Banyak Kalangan

Game Roblox menjadi fenomena tersendiri di dunia game mobile karena tak hanya disukai oleh anak-anak, orang dewasa juga memainkannya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Roblox disukai oleh banyak kalangan.

Roblox merupakan game online gratis yang memungkinkan para pengguna mendesain permainannya sendiri dan memainkan kreasi pada pemain lainnya. Roblox mempunyai lebih dari 150 juta pengguna aktif setiap bulannya di 200 negara. Hal ini melampaui pencapaian Minecraft dengan jumlah pengguna aktif bulanan 90 juta.

Pada game ini, pengguna dapat bermain sesukanya sebab tersedia banyak game gratis. Konsep ini yang membuat banyak kalangan tak bosan dalam memainkan Roblox. Saat bermain siapa saja dapat mengekspresikan imajinasinya dalam membuat bangunan sampai game sendiri untuk dapat dimainkan.

Salah satu faktor yang membuat Roblox meraih kesuksesan dalam mendapatkan pengguna dengan jumlah besar adalah komunitas. Berbagai pengembangan yang dilakukan juga turut berpengaruh terhadap loyalitas para penggunanya.

Asal Usul Game Roblox

  • Roblox adalah persilangan dari video game Sandbox dengan MMO (Massively Multiplayer Online). Pada tahun 2014 versi beta diciptakan oleh dua orang pria yang bernama David Baszucki dan Erik Cassel. Platform Roblox sebelumnya memiliki nama Dynablocks, dimana penggantian nama tersebut dilakukan pada tahun 2005.
  • Tepat pada tanggal 1 September 2006, secara resmi Roblox dapat digunakan oleh semua kalangan.
  • Roblox menjadi platform yang ramah bagi anak-anak dimana pada tahun 2007 telah mengikuti ketentuan dari Children Online Privacy Protection Act (COPPA), dimana akses obrolan dibatasi bagi pengguna dengan usia dibawah 13 tahun.
  • Pada tahun 2006, pengembangan game Roblox dilakukan dengan membenahi server dan turut menambahkan fitur membership premium yang diberi nama Builders Club.
  • Pada tahun 2011, Roblox mulai mempunyai banyak developer ketika diadakan Hack Week. Para developer dapat menuangkan ide-ide brilian yang dimiliki oleh mereka menjadi game.
  • Pada tanggal 11 Desember 2012, Roblox lalu merilis platformnya dengan versi iOS.
  • Pada tanggal 1 Oktober 2013, Developer Exchange dirilis dimana developer dapat menukarkan Robux yang diperoleh menjadi uang asli.
  • Perilisan Smooth Terrain, dimana Roblox mempunyai grafis yang memukau hingga objek bloknya tampak lebih halus dan realistis.
  • Januari 2016, Roblox dapat dimainkan dari console Xbox One. Disediakan juga 15 game yang tengah populer saat itu bagi para pengguna Xbox One.
  • April 2016, Roblox meluncurkan Roblox VR agar pengguna dapat merasakan sensasi realistis virtual dan menelusuri dunia VR (virtual reality) di Roblox dengan perangkat VR. Saat itu bahkan ada jutaan game 3D yang siap untuk bisa dimainkan.

Mengapa Game Roblox Disukai Oleh Banyak Kalangan?

Ada beberapa alasan mengapa Roblox disukai oleh banyak kalangan. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Mudah dimainkan

Roblox dapat dimainkan melalui aplikasi mobile, desktop sampai konsol game. Pengguna bisa bermain sepuasnya sebab tersedia beragam game gratis. Konsep ini yang membuat banyak kalangan tak bosan untuk bermain Roblox.

  1. Dapat dimainkan di beragam platform

Anda dapat membuat game dan memainkan berbagai game yang ada pada ekosistem Roblox pada hampir seluruh platform. Anda dapat mendownload game ini pada perangkat Windows, Android, iOS, macOS, Xbox One, hingga perangkat VR seperti Oculus Rift dan HTC Vive.

Anda dapat membuat akun Roblox, lalu menciptakan game dan memainkan seluruh game yang tersedia pada platform ini secara gratis.

  1. Beragam pilihan game dalam Roblox

Dalam game Roblox Anda dapat mengembangkan game sendiri menggunakan tools dari Roblox Studio. Game yang dikembangkan memang tampak sederhana, namun platform untuk mengembangkan game ini mempermudah kreator muda dalam mengembangkan game dengan kreatifitas mereka.

Terdapat lebih dari 69 juta game pada Roblox. Semuanya dikembangkan dengan program desain Roblox Studio yang dibuat oleh lebih dari 2 juta developer pada Roblox, termasuk AdoptMe dan Welcome to Bloxburg.

Beragam pilihan dapat disesuaikan dengan hobi, gender dan usia para pengguna. Contoh Work at a Pizza Place memungkinkan pengguna untuk mengelola restoran Pizza. Atau mungkin Jailbreak, game role-playing yang memposisikan gamer menjadi polisi ataupun penjahat.

Ada beberapa game terbaik yang dapat Anda mainkan pada platform Roblox, diantaranya Work at a Pizza Place, Jailbreak, Theme Park Tycoon 2, Booga Booga, Roblox High School, Phantom Forces, Natural Disaster Survival, Vehicle Simulator, Tower of Hell, dan Dungeon Quest.

  1. Berbasis komunitas

Roblox menghadirkan semua jenis permainan yang dapat Anda mainkan, baik RPG, FPS, ataupun racing yang Anda suka. Pilihan dalam Roblox tak terbatas. Bila Anda ingin mengembangkan game buatan sendiri, Anda dapat membangun dan mengkodekan dunia Roblox dalam objektif, mekanika, dan karakter unik dengan Roblox Studio secara gratis.

Platform Roblox sangat kreatif dan cocok untuk belajar cara mengembangkan game dengan teman-teman serta memainkannya. Komunitas Roblox sangat besar, ada lebih dari 150 juta pengguna aktif bulanan.

Anda dapat mengobrol dengan teman melalui pesan atau bertemu mereka pada dunia virtual pilihan. Mengingat ini merupakan game lintas platform, Anda dapat memainkan game Roblox dengan jutaan orang lain di seluruh dunia.

  1. Dapat menghasilkan uang

Pengguna bisa mendapatkan uang dari platform Roblox. Roblox memberi kesempatan untuk penggunanya memonetisasi karya mereka. Pengguna dapat menjual item dalam game seperti hewan peliharaan atau pakaian virtual untuk mendapatkan uang asli.

Mata uang virtual Roblox memiliki nama Robux yang berfungsi untuk pembelian beragam item yang dijual developer ataupun pengguna lainnya. Anda dapat membeli Robux diantaranya dengan voucher Google Play.

  1. Lebih populer dari Minecraft

Roblox berhasil melampaui pencapaian Minecraft. Game ini sudah mempunyai lebih dari 150 juta pengguna aktif bulanan. Sementara Minecraft mempunyai 91 juta pengguna aktif bulanan. Akan tetapi Minecraft masih merupakan game terlaris sepanjang masa.

  1. Pengguna dapat berkomunikasi, berimajinasi, berkreasi dan berwirausaha

Roblox diprogram dengan bahasa pemrograman Lua, bahasa pemrograman pertama yang bagus untuk dipelajari sejak usia belia. Lua ramah pengguna dan menghilangkan berbagai hal yang sulit untuk dimengerti oleh anak-anak. Roblox pun memberi pelajaran pada anak mengenai desain game, real coding, peradaban digital serta kemampuan wirausaha.

Ada pula komunitas yang terus berkembang berikut tutorial online dalam membantu mempelajarai cara untuk membuat game dalam Roblox. Roblox Studio juga gratis dan dapat digunakan untuk membuat model, mengkodekan dunia Anda sendiri dengan Roblox Lua, bahasa pemrograman yang relatif mudah.

Roblox pun memungkinkan para pengguna untuk saling berkomunikasi melalui chat dalam game. Anda pun bisa mempelajari bahasa Inggris jika memiliki teman bermain dari luar negeri yang juga memainkan game satu ini.

Roblox memang kerap disebut sebagai suatu game. Namun Roblox sendiri merupakan suatu platform yang dapat digunakan untuk bermain serta mengembangkan game. Nah apakah Anda sudah mengenal Roblox? Bagi Anda yang penasaran bisa langsung mencoba game Roblox.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.